Catatan Contest Om Sonde

Hasil jerih payah Om Sonde Sondes / Category:

Hari ini Om Sonde sedang duduk termenung memikirkan nasibnya yang sangat buruk. Om Sonde benar-benar kesulitan untuk koneksi ke internet karena modem selalu dibawa saudara Om Sonde. Padahal, Om Sonde lagi ikutan Contest Blog loh. Asik kan ? Hahaha...
 ............................
Eh ? Kok sepertinya banyak yang belum tahu lomba apaan ? Semuanya pada bengong ngliatin Om Sonde. Apa mungkin karena Om Sonde cakep yah ? *dilempar sendal*
Oke, sontest yang Om Sonde ikuti kali ini adalah sebuah contest tentang SEO Blog. Media yang kami gunakan adalah blogspot.com. Lomba ini ditujukan kepada semua anak SMP, SMA, dan SMK yang berada pada wilayah Jawa Timur dan Madura. Tunggu dulu, kok sepertinya banyak yang masih tanya-tanya apa artinya SEO yah ? Enaknya dijelasin nggak ya ? Hehehe...

Baiklah Om Sonde kasih tahu tentang SEO itu sendiri. Tapi sebelumnya, izinkan Om Sonde untuk meneguk segelas air dulu, soalnya mulut Om Sonde kering karena berbicara terus daritadi. Sementara Om Sonde minum, lihat deh arti SEO dari para ahli di bawah ini.

Neil Patel
“SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine”
Dax Herrera
“Misi google adalah mengorganisir informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah di akses dan berguna. Sedangkan misi SEO adalah mengorganisir informasi dari client untuk membuatnya dapat di akses oleh robot dan mengharilkan uang.”
Rand Fishkin
“SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan audiens, disain, pengembangan situs, penelitian keyword, penempatan keyword, link building, social media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak traffik dari search engine.”
Quadszilla alias Seo Black Hat
“Web Spam SEO adalah ketika seseorang mencoba untuk curang dan mengambil jalan pintas sehingga web site mereka akan tampil lebih tinggi (dalam ranking hasil pencarian) daripada yang sepantasnya mereka terima.”

Nah, itu tadi penjelasan dari para ahli, sekarang yang pengertian dari Om Sonde perlu juga nggak ? Sepertinya sudah nggak ya, melihat wajah-wajah puas yang terlukiskan pada para pembaca.
Contest ini diadakan oleh Universitas Kanjuruhan Malang. Kumpulan Mahasiswa Teknologi Informasi yang mengadakannya. Disini mereka menggunakan keyword, "HMPS TI Unikama dan Kampus Multikultural" sebagai acuan untuk para peserta seperti halnya Om Sonde sendiri. Mengapa mengambil keyword itu ?
Masa belum tahu semuannya se ? Bodoh semuannya berarti. HAHAHA...*digepuk sapu, kepala muter*

Keyword dipilih setelah perundingan antara mahasiswa TI Unikama. Mereka sengaja mengambil keyword, "HMPS TI Unikama dan Kampus Multikultural" ditujukan agar peserta membahas tidak hanya dalam ruang lingkup jurusan TI saja. Melainkan, kampus mereka yang kaya budaya juga ikut dijadikan bahan pembahasan. Cerdas kan mereka ? Beri tepuk tangan dulu...

Nah, menariknya dari lomba ini apa ? Tentu saja banyak sekali. Salah satunya adalah, bisa mengasah ilmu kita lebih dalam. Karena dalam setiap kata yang kita ketikkan, kita telah menanam sebuah benih keberhasilan. Dan itu akan tumbuh subur apabila kita asah terus kemampuan kita. Om Sonde bukannya master desain web, bukan, sama sekali bukan. Om Sonde hanyalah seorang yang masih belajar, sama seperti yang lain.

Keuntungan lainnya apa ? Oh, masih kurang ternyata ? Iya deh, saya beritahu lebih banyak. Keuntungan lainnya adalah "Persaingannya". Kenapa saya bilang menarik ? Karena hampir seluruh peserta SEO mempunyai bakat yang perlu diberi tumbs up. Terkadang Om Sonde juga jatuh dan pesimis setelah melihat pesaing-pesaing yang lainnya, akan tetapi Om Sonde percaya bahwa Om Sonde masih mempunyai kesempatan untuk meraih gelar juara, karena itu api yang berkobar tidak akan pernah pudar.

Oh ya, mengingat tentang lomba ini, Om Sonde kepengen minta doa dari para pembaca. Om Sonde mungkin tidak bisa sebagus peserta yang memiliki intelligence di bidang desain web. Tapi Om Sonde masih terus berusaha buat menyaingi semuannya. "Ada banyak jalan menuju Kanjuruhan", pepatah berkata, maka ada banyak jalan menuju kemenangan meskipun tidak dari desain web kan ? :)
Oh ya, minta backlink juga yah ? :)
Om Sonde mau minum kopi dulu, good bye to my next article...

Budayakan Bersuara (Positif)

Didukung oleh